5 Tips Rileksasi Setelah Lama di Depan Komputer

OLYMPUS DIGITAL CAMERAKomputer saat ini telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Kita tidak lagi berada di zaman ketika komputer hanya digunakan untuk bekerja, tapi kini telah digunakan sebagai media komunikasi, hiburan, dan bahkan berbelanja sekalipun. Bukan lagi rahasia bahwa berlama-lama di depan komputer tidak menyehatkan. Tapi terkadang karena kewajiban dan pekerjaan yang menumpuk, kita tidak dapat meninggalkan komputer seharian.

Adapun beberapa masalah kesehatan yang biasa diderita para pengguna komputer antara lain gangguan mata, nyeri punggung, sakit pinggang dan leher. Guna menjaga kondisi Anda tetap fit walaupun harus seharian berada di depan komputer, inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan menurut Boldsky.

1. Peregangan
Tentu saja, salah satu cara untuk terhindar dari gangguan kesehatan adalah dengan berolahraga. Cara ini mungkin dapat Anda lakukan jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk keluar. Gerakan ini dapat Anda lakukan di depan meja kerja, seperti memutar leher dengan searah dan berlawanan jarum jam, regangkan jemari tangan dan kaki, semua gerakan ini dapat menghindari Anda dari rasa kram.

2. Jalan Santai
Sebagian besar waktu yang dimiliki hampir terkuras oleh tekanan pekerjaan. Jadi , ujung dari kesehatan yang baik adalah Anda dapat berjalan santai di sore atau pagi hari. Jalan dengan waktu 10 menit ini dapat Anda lakukan di sekitar area kantor, dengan begitu tidak akan mengganggu jam kerja. Selain untuk menghindari sakit pinggang, jalan santai ini juga dapat mencegah kenaikan berat badan.
3. Posisi Duduk
Posisi duduk yang tidak tepat akan membuat Anda terkena resiko sakit pungggung. Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan membungkuk saat di depan computer. Posisi baik saat di depan komputer adalah jaga jarak mata, usahakan bahu tetap rileks dan istirahatkan jemari Anda sesaat usai mengetik.
4. Konsumsi Makanan yang Tepat
Sebenarnya, bukan hanya pekerjaan fisik saja yang bisa membuat Anda merasa lapar. Pekerjaan mental sebenarnya justru bisa membuat Anda lebih mudah merasa lapar. Hal ini dapat membuat Anda mengalami kenaikan berat badan. Pastikan bahwa Anda terhindar dari makanan-makanan cepat saji saat sedang bekerja. Usahakan untuk meluangkan waktu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk melancarkan sistem metabolisme Anda.
5. Istrahatkan Mata
Hal yang paling pertama merasakan lelah saat berada di depan komputer adalah mata. Sinar radiasi yang terpancar dari layar monitor memberi dampak yang besar pada mata, apalagi bila Anda berada terlalu lama di depannya. Biasakan untuk selalu mengedipkan mata Anda saat berada di depan komputer. Karena saat sedang berkonsentrasi penuh, kita terkadang tidak mengedipkan mata yang mengakibatkan mata menjadi perih karena kering.Anda juga sebaiknya mengistrahatkan mata setiap satu setengah jam sekali. Istrahatkan mata Anda selama 15 menit dengan memejamkannya sejenak hingga merasa rileks kembali. Dengan cara ini, mata Anda tidak akan mudah lelah di depan komputer. Mengistrahatkan mata ini penting! Karena terlalu lama di depan komputer dapat meningkatkan tekanan syaraf mata, yang pada akhirnya dapat berujung pada kebutaan.

Sumber : Erwin Miradi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s